Dalam melakukan pelayanan kepada pasien, tidak menutup kemungkinan mendapatkan komplain dari pasien ataupun keluarga pasien. Untuk mengatasi hal tersebut, BLUD RS Konawe Utara menyediakan layanan pengaduan untuk menerima komplain baik secara langsung dalam bentuk lisan maupun secara tulisan melalui kotak saran. Komplain yang ada kemudian di respon secara cepat dan tepat. Kecepatan respon terhadap komplain adalah kecepatan rumah sakit menanggapi komplain baik tertulis, lisan, maupun melalui media massa yang sudah diidentifikasi tingkat risiko dan dampak risiko dengan penetapan grading/dampak risiko berupa ekstrim (merah), tinggi (kuning), rendah (hijau), dan dibuktikan dengan data, dan tindak lanjut atas respon time Komplain tersebut sesuai dengan kategorisasi (grading/dampak/risiko). Berdasarkan data Triwulan I Tahun 2023, komplain yang diterima berjumlah 9 yang berkaitan dengan sarana dan prasarana dan tindakan pelayanan medis. Sedangkan data kecepatan waktu tanggap komplain di BLUD RS Konawe Utara mencapai angka 100%. Pada data Triwulan II Tahun 2023, komplain yang masuk meningkat yaitu berjumlah 11 yang berkaitan dengan sarana dan prasarana dan juga tindakan pelayanan medis. Sedangkan data kecepatan waktu penanganan komplain tetap menunjukkan angka yang baik dengan capaian 100%. Hal ini bisa dilihat dari renovasi yang sedang dilakukan pada beberapa unit BLUD RS Konawe Utara yang mendapatkan komplain dari sisi sarana dan prasarana.
Umum Friday, 07 July 2023