Call Center : 085345432016
PELAYANAN RAWAT JALAN   Senin - Jumat, 08.30 - 14.00 WITA

BERITA


BLUD RS Konawe Utara Selenggarakan Pelatihan BHD
Telah dilihat sebanyak 139 kali

BLUD Rumah Sakit Konawe Utara menyelenggarakan pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dalam rangka kegiatan orientasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dan pegawai baru lainnya. Pelatihan ini diikuti oleh PPPK baru, petugas keamanan, dan sopir ambulans.

Materi pelatihan disampaikan oleh dr. Wangga Pramono Lasandara, dokter yang akrab disapa dengan dr. WPL ini bertugas di Instalasi Gawat Darurat BLUD Rumah Sakit Konawe Utara dan memiliki pengalaman luas dalam penanganan kasus-kasus kritis dan prosedur pertolongan pertama. Beliau menekankan pentingnya pengetahuan BHD bagi seluruh petugas di lingkungan rumah sakit.

"BHD bisa menyelamatkan nyawa saat kondisi kritis sebelum tenaga medis profesional tiba di lokasi. Setiap individu, baik petugas kesehatan maupun non-kesehatan, harus memiliki keterampilan ini," tegas dr. WPL.

Dalam sesi pelatihan, para peserta dibekali pengetahuan dan keterampilan untuk mengenali dan memberikan pertolongan awal pada kondisi-kondisi gawat darurat seperti henti jantung. Mereka dilatih cara melakukan kompresi dada dan pemberian nafas buatan.

dr. WPL juga menjelaskan secara rinci tanda-tanda kondisi kritis yang memerlukan pertolongan segera. Untuk kasus henti jantung, beliau mengajarkan cara melakukan Resusitasi Jantung Paru mulai dari tehnik pembebasan jalan nafas menggunakan head tilt chin lift dan jawtrust, menentukan posisi dan tehnik yang berkualitas dengan memperhatikan kekuatan, kecepatan, interupsi yang minimal, recoill yang sempurna dan menghindari hiperventilasi saat pemberian nafas. Peserta juga dilatih untuk dapat memahami alur penanganan kasus-kasus kegawatan baik di dalam dan diluar rumah sakit seperti tehnik mengidentifikasi kesadaran korban, meminta pertolongan, serta mendeteksi nafas dan nadi korban agar setiap peserta dapat memberikan pertolongan yang baik dan benar untuk bisa meningkatkan peluang hidup dan keselamatan korban tersebut.

"Kami berkomitmen untuk memastikan standar keselamatan dan kesiapan menghadapi kondisi darurat bagi setiap petugas di lingkungan BLUD RS Konawe Utara. Pelatihan ini merupakan bagian dari upaya tersebut," ungkap dr. WPL.

Kegiatan pelatihan BHD akan diselenggarakan secara berkala untuk memastikan pembaharuan pengetahuan dan keterampilan peserta sesuai perkembangan terbaru di bidang pertolongan pertama dan prosedur gawat darurat.

Umum Thursday, 13 June 2024