Call Center : 085345432016
PELAYANAN RAWAT JALAN   Senin - Jumat, 08.30 - 14.00 WITA

BERITA


Kebun Meohai BLUD RS Konut, Wujud Sukses Urban Farming di Rumah Sakit
Telah dilihat sebanyak 225 kali

BLUD Rumah Sakit Konawe Utara berhasil mengembangkan konsep urban farming atau kegiatan berkebun di perkotaan dengan mendirikan "Kebun Meohai BLUD RS Konut". Inisiatif ini memanfaatkan lahan kosong di lingkungan rumah sakit untuk menanam berbagai jenis sayuran.

Kegiatan urban farming diinisiasi oleh direktur BLUD RS Konawe Utara (dr. Dewi Sarli Tombili,Sp.PD) sebagai bagian dari upaya menciptakan lingkungan rumah sakit yang ramah lingkungan dan mendukung pola hidup sehat.

Kebun Meohai BLUD RS Konut menempati area seluas 25 meter persegi yang semula tidak terpakai. Lahan tersebut kini ditanami dengan pendekatan organik tanpa menggunakan pupuk atau pestisida kimia berbahaya. Kegiatan ini melibatkan partisipasi aktif dari staf rumah sakit.

"Kami melihat potensi untuk mengoptimalkan lahan kosong dengan berkebun. Selain menyediakan pangan sehat, kegiatan ini juga memberi dampak positif bagi lingkungan dan kesehatan mental," ungkap dr. Dewi.

Hasil panen dari Kebun Meohai dimanfaatkan untuk menu pasien, dikonsumsi oleh staf rumah sakit, atau didistribusikan kepada masyarakat sekitar. "Selain menyediakan sayuran segar, kegiatan ini juga memberikan manfaat terapi bagi pasien. Berkebun terbukti dapat meredakan stres dan meningkatkan kesehatan mental," jelas koordinator kegiatan urban farming (Winda Triana, S.ST.M.Keb).

Keberhasilan Kebun Meohai BLUD RS Konut dalam mengembangkan urban farming diharapkan dapat menginspirasi rumah sakit lain dan masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong di perkantoran dengan lebih produktif dan ramah lingkungan.

Nama "Meohai" sendiri diambil dari bahasa setempat yang berarti "bersaudara" sebagai representasi semangat persaudaraan dan kebersamaan dalam mengelola Kebun Meohai BLUD RS Konut.

Umum Thursday, 13 June 2024