Call Center : 085345432016
PELAYANAN RAWAT JALAN   Senin - Jumat, 08.30 - 14.00 WITA

BERITA


SURVEY TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BLUD RS KONAWE UTARA
Telah dilihat sebanyak 571 kali

Pelayanan kesehatan yang baik dan bermutu merupakan faktor penting yang dapat membentuk kepercayaan pasien kepada rumah sakit sehingga tercipta loyalitas sebagai konsumen jasa pelayanan kesehatan. Sebagai salah satu organisasi perangkat daerah yang menyediakan layanan publik di bidang kesehatan, BLUD RS Konawe Utara perlu mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan dan fasilitas yang disediakan. Untuk itu BLUD RS Konawe Utara telah melaksanakan survei kepuasan terhadap pasien, yakni pasien yang datang berobat dan mendapatkan perawatan medis di BLUD RS Konawe Utara. Survey tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan BLUD Rumah Sakit Konawe Utara dilakukan dalam 2 periode. Survei periode pertama telah dilaksanakan pada bulan Mei 2023 dan periode kedua akan dilaksanakan pada bulan November 2023. Populasi survei adalah semua pasien yang berkunjung di BLUD Rumah Sakit Konawe Utara. Untuk perhitungan survei kepuasan pasien ini didasarkan pada peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 14 tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Pasien. Nilai SKM dihitung dengan menggunakan “nilai rata-rata tertimbang” masing-masing unsur pelayanan. Instrumen survei menggunakan kuesioner yang memuat Persyaratan Pelayanan, Prosedur Pelayanan, Waktu Pelayanan, Biaya Pelayanan, Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan, Kompetensi Pelaksana, Perilaku Pelaksana, Maklumat Pelayanan dan Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan. Tingkat kepuasan pasien terhadap BLUD Rumah Sakit Konawe Utara dilaksanakan dengan tujuan tergambarnya persepsi pasien terhadap mutu pelayanan berdasarkan elemen – elemen tingkat kepuasan yang ditetapkan. Kepuasan pasien adalah pernyataan puas pasien atas elemen - elemen tingkat kepuasan yang telah ditetapkan sebelumnya. Kepuasan pasien menggambarkan kualitas pelayanan yang diberikan. Kualitas pelayanan yang baik bukanlah berdasarkan persepsi rumah sakit melainkan berdasarkan persepsi pasien. Periode survei Nilai Interval SKM Nilai Interval konversi SKM Mutu Pelayanan Kinerja Unit Pelayanan Periode 1 2,91 80,9 B MEMUASKAN Hasil survey menunjukan bahwa tingkat kepuasan pasien pada nilai konversi SKM mencapai 80% tingkat kepuasan dengan kategori memuaskan. Ketidakpuasan pasien sering ditemukan dalam kaitannya dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang kurang, kemudahan mendapatkan informasi dan kebersihan lingkungan. Untuk selanjutnya, indikator ini akan direkomendasikan terus dipantau secara rutin setiap bulan dengan terus melaksanakan kegiatan peningkatan sesuai dengan tindakan PDCA yang telah dilakukan. Hasil yang sudah diperoleh akan menjadi bahan evaluasi sekaligus acuan untuk mengoptimalkan pelayanan kesahatan yang holistik dan paripurna di BLUD RS Konawe Utara. Diperlukan Koordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk mempertahankan pelayanan terbaik rumah sakit, serta mempertahankan sikap dan perilaku yang sudah baik dan memperbaiki hal – hal yang masih kurang dalam proses pelayanan yang diberikan untuk mencapai kenyamanan dan kepuasan pasien.

Umum Friday, 07 July 2023