Call Center : 085345432016
PELAYANAN RAWAT JALAN   Senin - Jumat, 08.30 - 14.00 WITA

BERITA


Sesi Ke-2 Hari Ketiga Orientasi PPPK BLUD RS Konawe Utara, Bahas Tuntas Manajemen Fasilitas Keselamatan
Telah dilihat sebanyak 147 kali

Wanggudu, 12 Juni 2024 - Sesi kedua hari ketiga orientasi Pegawai Pemerintah Perjanjian Kerja (PPPK) formasi umum untuk penempatan di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe Utara mengupas tuntas materi Manajemen Fasilitas Keselamatan (MFK). Materi ini disampaikan oleh pemateri Muh. Abd. Gafur Tirtayasa Mangidi, SKM., M.Kes, seorang tenaga profesional di bidang K3 rumah sakit sekaligus salah satu penanggung jawab komite MFK BLUD Rumah Sakit Konawe Utara.

Tujuan pelatihan dalam sesi ini adalah untuk membekali peserta dengan pengetahuan terkait Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berkaitan dengan keamanan, keselamatan, pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dan limbahnya, proteksi kebakaran, pengelolaan peralatan medis, hingga penanggulangan bencana di lingkungan rumah sakit.

Gafur, memaparkan pentingnya kepatuhan terhadap SOP keamanan dan keselamatan di rumah sakit untuk melindungi pasien, petugas, dan pengunjung dari bahaya yang mungkin timbul. Ia juga menekankan pentingnya pengelolaan B3 dan limbahnya secara tepat untuk meminimalkan risiko pencemaran lingkungan dan dampak negatif lainnya.

Dalam sesi ini, peserta juga dibekali pengetahuan tentang proteksi kebakaran di fasilitas kesehatan. Gafur mendemonstrasikan penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan mensimulasikan prosedur tanggap darurat saat terjadi kebakaran (Code Red).

Selama simulasi, peserta juga diajarkan cara berkomunikasi yang efektif, pembagian tugas, dan koordinasi antar tim untuk menangani situasi darurat dengan cepat dan efisien. Gafur memberikan umpan balik dan evaluasi terhadap kinerja peserta dalam simulasi tersebut.

"Pengetahuan dan keterampilan dalam menangani situasi darurat seperti kebakaran sangat penting bagi seluruh petugas kesehatan. Dengan simulasi ini, kami berharap para peserta dapat memahami dan mengingat langkah-langkah yang harus diambil saat terjadi kebakaran di rumah sakit," jelas Gafur.

Selain itu, Gafur juga memaparkan pentingnya pengelolaan peralatan medis yang baik untuk memastikan keselamatan pasien dan petugas serta keefektifan peralatan tersebut. Ia menjelaskan prosedur pengoperasian, pemeliharaan, dan kalibrasi peralatan medis yang tepat.

Terakhir, Gafur membahas tentang penanggulangan bencana di fasilitas kesehatan, termasuk rencana tanggap darurat, evakuasi, dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam menghadapi situasi bencana. Ia menekankan bahwa rumah sakit harus memiliki rencana tanggap darurat yang komprehensif untuk menghadapi berbagai jenis bencana. Rencana tersebut harus mencakup prosedur evakuasi pasien dan staf, penunjukan area aman sementara, serta koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti pemadam kebakaran, kepolisian, dan lembaga penanggulangan bencana.

Gafur juga memaparkan pentingnya pelatihan dan simulasi secara berkala untuk memastikan kesiapan seluruh petugas dalam menghadapi situasi bencana. "Bencana dapat terjadi kapan saja dan tanpa peringatan. Oleh karena itu, kesiapan dan kecepatan tanggap dalam menangani situasi bencana sangat krusial untuk melindungi keselamatan pasien, petugas, dan fasilitas kesehatan," tegas Gafur dalam paparannya. "Koordinasi yang baik dengan pihak-pihak terkait juga menjadi kunci dalam upaya penanggulangan bencana yang efektif."

Para peserta mengikuti sesi ini dengan antusias dan aktif mengajukan pertanyaan terkait materi yang disampaikan. Mereka menyadari pentingnya memahami dan menerapkan Manajemen Fasilitas Keselamatan dalam tugas sehari-hari sebagai petugas kesehatan di BLUD RS Konawe Utara.

"Saya merasa sesi ini sangat bermanfaat dan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang Manajemen Fasilitas Keselamatan di rumah sakit. Pengetahuan ini akan menjadi bekal penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang aman dan berkualitas kepada masyarakat," ungkap Sutraida, A.Md.Keb (salah satu peserta).

Orientasi PPPK ini diselenggarakan oleh BLUD Rumah Sakit Konawe Utara untuk membekali para pegawai baru dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan aman bagi masyarakat di BLUD RS Konawe Utara.

Umum Wednesday, 12 June 2024